Menyemprotkan Sanitasi di Perjalanan: Bagaimana Menjaga Tangan Anda Tetap Bersih Saat Bepergian


Ketika Anda memiliki akses ke air dan sabun, jangan ragu untuk mencucikan tangan Anda secara menyeluruh selama minimal 20 detik. Meskipun hand sanitizer efektif, mencuci tangan dengan air dan sabun tetap menjadi cara terbaik untuk membersihkan tangan dari kuman dan kotoran.(Sumber foto: pexels.com)

Oleh: Arda Dinata

Ketika kita melakukan perjalanan, terutama dalam situasi seperti sekarang di mana kesehatan dan kebersihan menjadi perhatian utama, menjaga tangan tetap bersih adalah langkah penting untuk mencegah penyebaran penyakit.

Namun, sanitasi saat bepergian sering kali menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari transportasi umum hingga tempat-tempat wisata yang ramai, kita berhadapan dengan banyak potensi kuman dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan kita.

Namun, dengan beberapa langkah sederhana dan praktis, kita dapat memastikan tangan tetap bersih dan aman di mana pun kita berada.

Mari kita telaah lebih dalam tentang bagaimana kita dapat melakukan sanitasi saat bepergian agar dapat menikmati perjalanan dengan lebih aman dan nyaman.

  1. Pilihlah Sanitizer yang Cocok. Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mempersiapkan perjalanan adalah memilih sanitizer yang sesuai. Pastikan untuk membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk memastikan efektivitasnya dalam membunuh kuman dan virus. Selain itu, pilihlah sanitizer yang mudah dibawa dan dikemas dalam kemasan yang kedap udara untuk menghindari tumpahan selama perjalanan.
  2. Selalu Bawa Tisu Basah Anti Bakteri. Tisu basah anti bakteri sangat berguna untuk membersihkan tangan dan permukaan yang sering disentuh di sekitar kita, seperti pegangan kursi pesawat atau handle pintu. Pastikan untuk selalu membawa beberapa paket tisu basah di dalam tas Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya saat dibutuhkan.
  3. Gunakan Air dan Sabun Saat Tersedia. Ketika Anda memiliki akses ke air dan sabun, jangan ragu untuk mencucikan tangan Anda secara menyeluruh selama minimal 20 detik. Meskipun hand sanitizer efektif, mencuci tangan dengan air dan sabun tetap menjadi cara terbaik untuk membersihkan tangan dari kuman dan kotoran.
  4. Hindari Menyentuh Wajah Anda. Selama perjalanan, hindari menyentuh wajah Anda terutama mulut, hidung, dan mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Wajah merupakan area yang rentan terhadap infeksi, dan menyentuhnya dengan tangan yang belum bersih dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.
  5. Praktikkan Physical Distancing. Selalu berusaha untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, terutama di tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, atau terminal bus. Hindari kerumunan dan usahakan untuk selalu berada dalam jarak yang aman dari orang lain untuk mengurangi risiko paparan terhadap penyakit.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tangan Anda saat bepergian. Ingatlah bahwa sanitasi saat bepergian merupakan bagian penting dari perjalanan yang aman dan nyaman, dan dengan sedikit perhatian ekstra, kita dapat menikmati petualangan dengan lebih tenang dan tanpa khawatir akan kesehatan kita.

Daftar Referensi:

Jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah artikel ini dan mengikuti kami di saluran WhatsApp "ProduktifMenulis.com (Group)" dengan klik link ini: WhatsApp ProduktifMenulis.com (Group) untuk mendapatkan info artikel terbaru dari website ini.

Arda Dinata adalah Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Tinggal di Pangandaran - Jawa Barat.

www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


BACA ARTIKEL LAINNYA:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama