Panduan Terlengkap untuk Praktik Sanitasi yang Tepat di Rumah Anda

Salah satu langkah penting dalam menjaga sanitasi di rumah adalah dengan membersihkan dan mendisinfeksi permukaan secara teratur. Ini termasuk meja, gagang pintu, saklar lampu, dan permukaan sering disentuh lainnya.

Oleh: Arda Dinata

Rumah adalah tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita, tempat di mana kita beristirahat, bermain, dan bersantai bersama keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan sanitasi di rumah agar kita dapat hidup sehat dan nyaman.

Dengan memahami praktik sanitasi yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan bersih untuk keluarga kita. Inilah mengapa, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi panduan terlengkap untuk praktik sanitasi yang benar di rumah.

  1. Membersihkan dan Mendisinfeksi Permukaan: Salah satu langkah penting dalam menjaga sanitasi di rumah adalah dengan membersihkan dan mendisinfeksi permukaan secara teratur. Ini termasuk meja, gagang pintu, saklar lampu, dan permukaan sering disentuh lainnya. Penggunaan disinfektan yang efektif membantu membunuh kuman dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.
  2. Menjaga Kebersihan Dapur: Dapur adalah tempat di mana makanan disiapkan, oleh karena itu menjaga kebersihan di sini sangat penting untuk mencegah kontaminasi makanan. Pastikan untuk membersihkan permukaan dapur, panci, dan peralatan memasak setelah digunakan. Selain itu, membersihkan spons dan kain lap secara teratur untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  3. Praktik Kebersihan Pribadi: Selain menjaga kebersihan lingkungan, penting juga untuk memperhatikan kebersihan pribadi. Ini termasuk mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersin atau batuk. Pastikan untuk menggunakan sabun dan air mengalir saat mencuci tangan.
  4. Menjaga Kebersihan Kamar Mandi: Kamar mandi adalah tempat di mana banyak kuman berkumpul, oleh karena itu penting untuk membersihkannya secara teratur. Gunakan pembersih kamar mandi yang efektif untuk membersihkan toilet, wastafel, dan bak mandi. Selain itu, pastikan untuk mengeringkan permukaan kamar mandi setelah digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan jamur.
  5. Membuang Sampah dengan Benar: Salah satu aspek penting dari sanitasi di rumah adalah pembuangan sampah yang tepat. Pastikan untuk menggunakan tempat sampah yang tertutup dan mengosongkannya secara teratur untuk mencegah penumpukan sampah dan penyebaran bakteri.
  6. Membersihkan Udara dalam Ruangan: Udara dalam ruangan juga dapat mempengaruhi kesehatan kita, oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihannya. Gunakan purifier udara atau buka jendela secara teratur untuk memastikan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.
  7. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur: Tempat tidur adalah tempat di mana kita menghabiskan banyak waktu untuk istirahat, oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihannya. Ganti seprai secara teratur dan cuci seprai, selimut, dan bantal secara berkala untuk mencegah penumpukan debu dan tungau.

Dengan menerapkan panduan-panduan ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan nyaman di rumah Anda. Jadikan praktik sanitasi yang tepat sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga Anda.

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2022). Clean Hands Save Lives: How to Wash Your Hands. Tersedia secara online: https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html
  2. National Sanitation Foundation (NSF). (2022). Home Sanitation and Hygiene Tips. Tersedia secara online: https://www.nsf.org/consumer-resources/health-and-safety-tips/home-hygiene-tips
  3. Environmental Protection Agency (EPA). (2022). Disinfectants for Use Against SARS-CoV-2. Tersedia secara online: https://www.epa.gov/pesticide-registration/list-n-disinfectants-use-against-sars-cov-2

Arda Dinata adalah Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Tinggal di Pangandaran - Jawa Barat.

www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama