Membongkar Mitos Umum tentang Sanitasi: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Sanitasi adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita, tetapi seringkali kita terjebak dalam mitos dan kesalahpahaman tentang topik ini.

Oleh: Arda Dinata

Sanitasi adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita, tetapi seringkali kita terjebak dalam mitos dan kesalahpahaman tentang topik ini. Dari anggapan bahwa toilet umum lebih bersih daripada toilet rumah, hingga keyakinan bahwa mencuci tangan dengan air saja sudah cukup, mitos tentang sanitasi dapat memengaruhi praktik kesehatan kita secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kita akan membongkar beberapa mitos umum tentang sanitasi dan menyoroti informasi yang sebenarnya yang perlu Anda ketahui.

Mitos 1: Toilet Umum Lebih Bersih daripada Toilet Rumah

Salah satu mitos yang umum adalah anggapan bahwa toilet umum lebih bersih daripada toilet rumah. Beberapa orang berpikir bahwa karena toilet umum dibersihkan secara teratur, mereka lebih higienis daripada toilet rumah tangga yang mungkin jarang dibersihkan.

Namun, kenyataannya adalah toilet umum rentan terhadap penyebaran penyakit karena digunakan oleh banyak orang. Selain itu, standar kebersihan di toilet umum mungkin bervariasi, dan tidak semua fasilitas umum selalu terjaga kebersihannya.

Mitos 2: Mencuci Tangan Hanya dengan Air Cukup

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa mencuci tangan hanya dengan air sudah cukup untuk membersihkan kuman dan bakteri. Padahal, mencuci tangan dengan air saja tidak cukup efektif untuk menghilangkan kuman yang menempel pada kulit. Penting untuk menggunakan sabun saat mencuci tangan, karena sabun dapat membantu melarutkan lemak dan kotoran yang mengandung kuman.

Mitos 3: Warna Cairan Pembersih Menentukan Keefektifannya

Beberapa orang mungkin percaya bahwa semakin berwarna atau berbusa suatu cairan pembersih, semakin efektif membersihkan kuman. Namun, warna atau busa bukanlah indikator keefektifan suatu produk pembersih. Yang penting adalah bahan aktif yang terkandung dalam produk tersebut dan apakah produk tersebut telah terbukti secara ilmiah efektif dalam membunuh kuman.

Mitos 4: Hand Dryer Lebih Higienis daripada Handuk Kertas

Hand dryer sering dianggap sebagai opsi yang lebih higienis daripada handuk kertas karena tidak ada kontak langsung dengan permukaan yang sama seperti handuk kertas. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hand dryer dapat menyebarkan bakteri dan kuman ke udara dan permukaan sekitarnya saat digunakan. Handuk kertas, sementara itu, dapat menghilangkan kuman dari tangan secara efektif dan langsung.

Mitos 5: Deterjen Cuci Piring Secara Otomatis Mensterilkan Peralatan Makan

Meskipun deterjen cuci piring dapat membersihkan kotoran dan sisa makanan dari peralatan makan, itu tidak berarti peralatan tersebut secara otomatis steril. Sterilisasi membutuhkan panas yang cukup tinggi untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel pada peralatan makan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan siklus pencucian dengan suhu yang cukup tinggi atau mensterilkan peralatan makan secara terpisah setelah dicuci.

Kesimpulan

Menghilangkan mitos tentang sanitasi adalah langkah penting untuk memastikan praktik kesehatan yang efektif dan aman.

Dengan memahami fakta yang sebenarnya tentang sanitasi, kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri dan keluarga dari penyakit dan infeksi.

Jangan biarkan kesalahpahaman menghalangi upaya Anda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.

Berikut adalah daftar referensi yang digunakan dalam artikel ini:

  1. World Health Organization. (2021). "Sanitation." Diakses dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/sanitation
  2. Centers for Disease Control and Prevention. (2020). "Handwashing: Clean Hands Save Lives." Diakses dari https://www.cdc.gov/handwashing/why-handwashing.html
  3. Food and Drug Administration. (2019). "Food Safety and the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)." Diakses dari https://www.fda.gov/food/food-safety-during-emergencies/food-safety-and-coronavirus-disease-2019-covid-19
  4. American Cleaning Institute. (2021). "Liquid Hand Soap vs. Bar Soap: Which is Better?" Diakses dari https://www.cleaninginstitute.org/cleaning-tips/household/liquid-hand-soap-vs-bar-soap-which-better

Arda Dinata adalah Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Tinggal di Pangandaran - Jawa Barat.

www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama