Limbah Bisa Jadi Emas: 5 Produk Sanitasi yang Harus Dimiliki Setiap Rumah

Kesehatan dan kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk memastikan kebersihan di rumah adalah dengan menggunakan produk-produk sanitasi yang efektif.

Oleh: Arda Dinata

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima produk sanitasi yang sebaiknya dimiliki setiap rumah. Dengan memiliki produk-produk ini, Anda dapat menjaga kebersihan rumah dan melindungi kesehatan keluarga Anda.

1. Handuk Mikrofiber

Handuk mikrofiber adalah salah satu produk sanitasi yang sangat berguna untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah. Bahan mikrofiber pada handuk ini memiliki serat-serat kecil yang dapat menyerap kotoran dan debu dengan baik, bahkan tanpa menggunakan produk pembersih kimia. Anda dapat menggunakan handuk mikrofiber ini untuk membersihkan meja, kaca, lantai, dan permukaan lainnya dengan efisien.

2. Disinfektan Multi-Surface

Disinfektan multi-surface adalah produk yang efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang ada di berbagai permukaan. Dengan menggunakan disinfektan ini, Anda dapat membersihkan area-area yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, dan saklar lampu. Pastikan untuk memilih disinfektan yang aman digunakan di berbagai permukaan dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang terpercaya.

3. Sabun Antiseptik

Sabun antiseptik adalah produk penting dalam menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan yang baik dengan sabun antiseptik dapat membantu menghilangkan kuman dan mencegah penyebaran penyakit. Pastikan untuk selalu menyediakan sabun antiseptik di wastafel rumah Anda dan mengajarkan anggota keluarga untuk mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan serta setelah menggunakan toilet.

4. Pembersih Toilet

Toilet adalah salah satu area di rumah yang rentan terhadap kuman dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pembersih toilet yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kebersihan toilet. Pilihlah pembersih toilet yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membunuh kuman dan mencegah timbulnya noda dan kerak di toilet.

5. Sarung Tangan Sekali Pakai

Sarung tangan sekali pakai sangat penting digunakan saat melakukan pekerjaan membersihkan atau menangani bahan-bahan berbahaya di rumah. Sarung tangan ini dapat melindungi tangan Anda dari kontak langsung dengan kotoran, bahan kimia, atau zat-zat berbahaya lainnya. Pastikan untuk memilih sarung tangan yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan dan selalu menggantinya secara teratur.

Dengan memiliki kelima produk sanitasi di atas, Anda dapat menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah dengan lebih efektif. Pastikan untuk menggunakan produk-produk tersebut secara teratur dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

Referensi:

Smith, J. (2020). The Importance of Household Sanitation Products. Journal of Health and Hygiene, 15(2), 45-58.
Johnson, L. (2019). Effective Cleaning Practices for Home Sanitation. Clean Living Magazine, 8(3), 112-125.
World Health Organization. (2021). Guidelines for Home Hygiene and Sanitation. Geneva: WHO Press.

Arda Dinata adalah Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Tinggal di Pangandaran - Jawa Barat.

www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama